20141021

Having Sex with NOKNjam


Your endorsement, fuck it, jangan endorse kami, kami ga mau!”

Sebuah kalimat pernyataan yang dengan sadar dan sengaja saya ucapkan sebuah pentas FSTVLST pada helatan clothing expo besar di Yogyakarta tahun 2013. Pernyataan tersebut menuai berbagai respon yang sebagian besar beraroma negatif. Tidak seharusnya saya ber-statement semacam itu di acara eksebisi industri clothing, apalagi pada acara itu saya juga menjadi bagian dari tim penyelenggara acara ini sebagai creative board, semacam meludahi muka sendiri sekaligus tidak menghormati forum asosiasi clothing sebagai pemilik event tersebut, mungkin begitu yang ada di pikiran teman-teman yang mempersalahkan pernyataan saya.  Saya diam lalu menimbang dan akhirnya meminta maaf, mungkin memang saya salah tempat dan waktu, tapi saya yakin bahwa saya tidak salah alasan dan konsep ketika memutuskan mengucapkan itu diatas panggung dengan ribuan penonton sekaligus captive market para pengusaha clothing Yogyakarta tersebut.

Bagi saya, begitulah seharusnya (almost) rock band sekaligus saya sebagai creative board event tersebut, mengajak semua yang terlibat dalam acara dan juga industri yang diwakilinya untuk mencicipi trip yang menyerempet ke status-status ‘bahaya’ dan tidak berhenti di wilayah aman dalam berkarya. 

Bukan saya anti praktek kolaborasi bisnis berupa commercial erdorsing yang sering dilakukan oleh brand kepada endorsee-nya, saya hanya jengah dengan format endorsement yang belakangan ini di gunakan oleh para pelaku bisnis kreatif. Se-orthodox ini, brand punya produk, dipakai oleh endorsee, lalu dipaparkan kepada publik seadanya, dengan kesepakatan bisnis yang entah seperti apa. Tidak semuanya seperti ini memang, tapi sejauh yang saya lihat, kebanyakan seperti ini. Aman, tapi tidak ada benefit apapun kecuali keuntungan bisnis bagi kedua belah pihak, brand dan endorsee.

Memang tidak ada salahnya, toh bisnis seharusnya memang begitu, kan? Profit, profit dan profit. Saya secara pribadi dan FSTVLST sudah berkali-kali harus menolak tawaran kolaborasi bisnis dalam bentuk product endorsement yang seperti ini. Dan dengan ini juga, saya secara pribadi - bukan atas nama FSTVLST - menyatakan ‘masih’ menolak untuk di-endorse brand apapun. Saya membayangkan sebuah kolaborasi kreatif antara pebisnis dan pelaku kreatif sudah seharusnya juga meretas format-format yang juga kreatif dan menghasilkan keuntungan yang tidak hanya melulu berupa keuntungan bisnis namun juga value profit.

Adalah Bayu Pamura (masBe), mungkin satu-satunya teman yang mengangguk setuju pada pernyataan saya di atas panggung tersebut tanpa saya harus menjelaskan kenapa. Tentang hal ini, kemudian kami sisipkan dalam obrolan di pertemuan-pertemuan tak sengaja berikutnya dengan masBe. Saya yang masih merasa punya hutang pribadi untuk menjelaskan alasan dibalik pernyataan saya tersebut tersambung sempurna dengan program kolaborasi yang dijalankan oleh masBe dan tim di NOKNbag. Yaitu NOKNjam, sebuah program kolaborasi antara NOKNbag dengan siapapun di luar NOKNbag, yang output-nya berupa produk yang bisa dinikmati pengguna, dilanjut dengan komitmen bahwa keuntungan finansial yang didapatkan dipikirkan untuk memberi sesuatu yang berguna pada lingkaran berikutnya. Pada awalnya saya harus meletakkan curiga pada program kolaborasi ini, jangan-jangan saya mau di-endorse NOKNbag, saya dikasih tas, lalu difoto dengan settingan visual layaknya iklan, lalu di twit-kan dengan teks yang pada initinya mengandung pesan: “Beli beli beli beli dan belilah NOKNbag!”. Seketika kecurigaan itu terpatahkan saat masBe memaparkan NOKNjam versus Farid Stevy sebagai kolaborasi yang entah akan jadi seperti apa nanti, kita harus menemukannya bersama. Sebuah tawaran yang terlalu bagus untuk tidak saya iyakan, dan kemudian kami bersepakat untuk memulai project ini: NOKNjam X Farid Stevy.

Akan jadi seperti apa project kolaborasi ini, ikuti terus update-nya di sini dan di web NOKNbag yes..

5 komentar:

  1. permisi ya gan
    okeyprofits
    saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
    sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
    modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
    deposit 10 USD untung 1,5% perhari
    deposit 100 USD untung 2% perhari
    dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
    daftar dari url sya
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
    atau hubungi 087892336472 / 082166643133

    BalasHapus
  2. nokjam.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus