20110707

visual identity design - maicih




pertemuan saya dengan bob dan mei (pemilik maicih) pertama kali di sebuah eksebisi dan premium fashion brand expo di bandung. saya datang untuk membuat visual merchandise (VM) untuk brand Affairs. beberapa gerai food & beverages juga tergelar di tengah area eksebisi, dua diantaranya dalah Garden Juice dan Maicih (produk makanan ringan keripik singkong pedas) yang mendapat stan berdampingan. saya kebetulan ikut membantu membuat VM Garden Juice, dan 2 hari pertama expo saya juga ikut 'ngeblender buah' dan melayani pembeli bareng karib saya gogon (barista Garden Juice). setelah beberapa pertemuan berikutnya beserta obrolan-obrolan tentang banyak hal, postmod, berkesenian dan lain-lain, bob dan mei kemudian mempercayakan saya untuk merancang ulang identitas visual produk mereka. pada saat yang sama, brand ini sedang mendapatkan ekspos yang luar biasa dari berbagai kalangan karena keberhasilan brand building mereka, dan juga karena ada pihak lain yang mengklaim keaslian brand ini.

umur brand ini memang belum terlalu lama, namun telah mendapatkan marking yang sangat kuat di mata konsumen. dalam kondisi seperti ini, project ini jadi bertambah tingkat kesulitannya. variabel ukurnya menjadi lebih banyak daripada sekedar membuat logo untuk brand baru. setelah beberapa kali brainstorming dengan bob dan mei, ditambah riset kecil-kecilan saya atas brand ini, saya kemudian merancang ulang logo beserta kemasannya.

pada logo awal, sosok 'maicih' ditampilkan menghadap ke samping dengan latar belakang paduan beberapa ornamen visual. beberapa hal esensial logo tersebut tetap saya bawa ke logo baru, yaitu sosok 'maicih' yang kali ini menghadap kedeapan dan pita dengan tulisan nama brand 'maicih' dibawahnya dengan pendekatan visual yang lebih sederhana. logo ini saya paparkan dengan berbagai kemungkinan aplikasi layout. sosok 'maicih' nya tampil dalam 3 bentuk (kepala, torso, dan sebadan penuh), yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan yang berbeda. logo utama ini kemudian saya saya komprehensifkan pada perancangan kemasan produk, yang pada awalnya menggunakan plastik saja, menjadi kombinasi antara pemakaian material plastik, tas kertas dan sticker. pada kesempatan yang lain, saya sempat membantu maicih pada lauching produknya di Jogja, waktu itu saya membuat serangkaian artworks dengan tema 'launching maicih palsu'.

3 komentar:

  1. iki iki cah ndiskom ki ngene ikih :D

    BalasHapus
  2. terimakasih wahai tuhan semesta maicih hadap depan hehe, sampai bertemu lagi di semesta lain Farid Stevy Asta

    BalasHapus